Latihan Pemetaan Potensi Wilayah

Dlingo : Pada suatu saat, kita pasti ditanya oleh seseorang tentang lokasi suatu tempat yang tidak diketahui orang tersebut. kita kebetulan mengetahui tempat tersebut. Untuk mempermudah pemahaman orang tersebut, kita akan membuat sketsa/denah lokasi tempat yang dimaksudkannya.

Nah, sebuah sketsa juga dapat dibuat selengkap mungkin seperti halnya peta. Artinya, pada sebuah sketsa juga dapat digambarkan berbagai kenampakan dan objek geografi seperti sungai, bukit, jembatan, jaringan transportasi, dll. Tentu saja kenampakan tersebut digambar menggunakan simbol-simbol. Namun demikian, sketsa bukanlah peta karena sketsa belum menggunakan skala.  

Untuk membuat peta, langkah pertama yang harus kita tentukan ialah peta apa yang akan dibuat. Ingat bahwa ada berbagai jenis peta. Salah satu di antaranya ialah peta tematik. Peta tematik ialah peta yang menggambarkan tema-tema tertentu yang ada di permukaan bumi. Contoh peta tematik ialah peta curah hujan, peta kepadatan penduduk di Kabupaten X, peta hasil bumi di Provinsi Y dll.

Bagaimana proses dan cara membuat peta tematik? hadehhhh terlalu panjang untuk dijelaskan.
ikut saja ya..kapan kapan pasti kami adakan kembali. dalam latihan ini kita tidak hanya berpeluang untuk tahu tentang potensi wilayah tapi juga peluang diri sendiri juga bagaimana kita memanfaatkan potensi wilayah yang ada untuk kesejahteraan organisasi maupun pribadi.
Pelajaran kali ini kami ditemani oleh seorang aktifis lingkungan dari WWF Australia  lokasi yang kami pilih adalah kali ledok pokoh dan tranggulasi yang berada di dusun Pokoh 1 desa Dlingo Bantul.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken