Restocking perairan umum di Dlingo

Dlingo : DKP Bantul : Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kab. Bantul di Tahun Anggaran 2012 melalui dana APBD II akan melaksanakan kegiatan Restocking di Perairan Umum dan Bantuan Benih untuk Masyarakat dengan jumlah benih sebanyak 140.000 ekor benih yang akan di tebar di perairan umum dalam rangka pengkayaan Sumber Daya Ikan (SDI) dengan alokasi di masing-masing lokasi penebaran disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lapangan dimana untuk identifikasi lapangan bekerja sama dengan Petugas Teknis Kelautan dan Perikanan (PTKP) yang ada di tiap kecamatan Kab. Bantul.

Sampai dengan minggu ke-2 bulan April ini, DKP Kab. Bantul telah melaksanakan kegiatan restocking perairan umum di 2 (dua) lokasi yang ada di Kec. Dlingo yakni di Embung yang berada di Dusun Kediwung (Desa Mangunan) dan di Dusun Seropan III (Desa Muntuk). Pemilihan lokasi tersebut didasarkan pada proposal permohonan benih untuk restocking oleh Kelompok Masyarakat Pengawas Mina Sejahtera (Kediwung, Mangunan) dan Telaga sari (Seropan III, Muntuk) yang telah diterima oleh DKP Kab. Bantul. Proposal tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh dinas dengan identifikasi lapangan bersama PTKP Kec. Dlingo (Purjasmanto, A.Md) dan perwakilan kelompok. Berdasarkan hasil identifikasi lapangan pada bulan Maret, kelompok Mina Sejahtera memperoleh bantuan benih sebanyak 15.000 ekor dan kelompok Telaga Sari sebanyak 10.000 ekor.

Pada hari Rabu tanggal 11 Maret 2012, sebanyak 25.000 ekor benih nila dan tawes yang berasal dari BBI Barongan dan Sanden telah diserahkan oleh DKP Bantul kepada kelompok Mina Sejahtera dan Telaga Sari. DKP Bantul, diwakili oleh Kabid. Binus dan Wasdal SDKP (Ir. Dermawan Adenan, M.Pi.), secara simbolis menyerahkan bantuan benih dan mengawali penebaran benih di kedua lokasi restocking. Kegiatan penebaran benih ini diikuti dan disaksikan oleh seluruh anggota kelompok dan warga sekitar lokasi penebaran. Kelompok penerima dan warga memiliki harapan bahwa dengan ditebarkanya benih untuk restocking akan membawa manfaat secara ekonomi dan kelestarian SDI di embung dapat terpelihara.

Pada hari Jum‘at tanggal 20 April 2012, DKP Bantul juga akan mengadakan kegiatan serupa di daerah Babakan Kec. Srandakan sebagai tindak lanjut dari identifikasi lapangan yang telah dilaksanakan pada bulan Maret bersamaan dengan identifikasi lapangan di Kec. Dlingo.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken