98 Persen Casis SMAN 1 Dlingo Siswa Miskin

Dlingo : KRjogja.com : SMAN 1 Dlingo menerima 98 persen calon siswa (casis) yang masuk ke sekolah tersebut dalam kuota siswa miskin.

Kepala SMAN 1 Dlingo, Sandra Bayu Kurniawan, MPd menuturkan dirinya berani membuat keputusan memasukkan casis SMAN 1 Dlingo ke dalam kuota siswa miskin atas dasar pertimbangan beberapa hal.
"Saya sengaja melakukan gebrakan ini. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kuota siswa SMAN 1 Dlingo jarang sekali terpenuhi 100 persen. Selain kebanyakan siswa Dlingo miskin, gairah bersekolah mereka rendah. Daripada mereka lulus SMP langsung nikah dengan alasan tak ada biaya, lebih baik mereka bersekolah dengan biaya gratis," tegas Bayu.

Bayu menuturkan terobosan ini merupakan salah satu dari beberapa hal yang akan dirinya lakukan untuk memajukan kawasan Dlingo terutama dalam hal pendidikan. "Sekolah tidak akan membebani siswa dengan biaya. Mereka hanya berkewajiban sekolah. Yang penting masuk sekolah dulu. Biaya nomor dua. Maka saya optimalkan guru PNS supaya dapat jam mengajar yang memenuhi syarat sertifikasi dan bersemangat mengajar mereka," jelas Bayu.

Adapun kuota siswa miskin SMAN 1 Dlingo awalnya sebanyak 10 kursi, namun saat ini menjadi 81 casis yang masuk ke SMAN 1 Dlingo melalui jalur siswa miskin. Sedangkan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 96 siswa yang masuk. Dengan dimasukkannya hampir seluruh siswa ke kuota miskin, SMAN Dlingo yang sebelumnya selalu kekurangan siswa menjadi langsung terpenuhi

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken