Jadi Pejabat Atau Jadi Pengrajin

Kali ini saya mencoba membayangkan menjadi Presiden repoblik dlingo bantul, critanya gini neh...Bangun tidur jam 05.30, mempersiapkan materi untuk kantor sampai jam 06.00, mandi 15 menit, berpakaian 7 menit, pamitan anak/istri lalu brangkat kantor. sampai di kantor berbagai disposisi surat sudah menumpuk padahal baru jam 07.15. Belum lagi kalo ada undangan jam 09.00, tapi ya ....namanya pejabat mau tidak mau harus mau....maklum buruh negara ato inggrise "service servent""kalo tidak salah ejaannya seh".

lanjut lagi dengan asumsi undangan rapat selesai jam 12.00, waduh kok jam makan siang....ya biasanya kalangan pejabat telpon kolega-kolega yang eselonnya sama, kemana lagi...ya cari tempat makan yang enak lah...masak gak tau..Lanjot lagi ya....habis makan siang balik kantor ....eh di kantor ada staf....yang cuma klipak-klipuk (mirip yang nulis maksudnya)...tapi kayaknya memang gak ada kerjaan seh...lalu ya mau tidak mau sebagai bos ya harus kasih kerjaan, nah setelah meriksa pekerjaan staf....semua klir, lihat jam tangan ternyata udah jam 13.30, wow hari ini cepat banget ya.......
Ok gak papa...hari ini memang lagi padat acara, kerja kan harus terus..... maklum negara memang lagi membutuh kan orang-orang yang dinamis, abis koerksi kerjaan staf masih ada waktu buat liat informasi di internet..biasanya yang di buka ya media-media nasional dan Internasional...macam Kompas, metrotipi, CNN dan lain-lain ....jan ne di pikir-pikir sok yess tenan.....tapi ya memang harus sok yess..kalo tidak gitu gak laku...katanya seh...
Lalu siap-siap mo pulang kan udah jam 15.00, anak istri sudah menunggu dirumah. eit.....kring-kring-kring-kring.....waduh ada telpon, liat lcd hp eh muncul tulisan " Big Boss - Call........" wah ada apa neh.....di angkat...tidak...diangkat....tidak " wah ini kan salah satu prasyarat naek jabatan" diangkat deh....." Halo Pak Sugeng enjang...Wonten Dawuh Pak " ".......blablablabla...cuitcuitcuit....ucengucenguceng...ok...bisa di mengerti........." njih..njih...pak coba saya koordinasikan dulu nanti saya sowan njenengan...." wah kalo dah gini para staf mulai kalang kabut...ada yang nyari data ada yang bikin lay out ada yang cuman liat, ada pula yang tega mencaci dirinya////...."Loh kok malah nyanyi Kupu-kupu malam" .....
wuih...jam 17.00 tepat sudah selesai soft copy dan hard copy dah di siapkan, sambil bawa tas laptop flasdisk, keping cd " maklum kan mo di pake presentasi keluar daerah" harus ada ban serepnya takutnya tar file-nya rusak" sambil jalan starter mobil di kepala sudah mikir-mikir " sambil pulang ah" keluar dari parkir kantor lampu send kanan menyala "kelip-kelip,kelip" sambil liat arah dari kiri perlahan mulai melaju tinggalkan kantor, sebelum perempatan lampu sand kanan nyala lagi " klip-klip,klip" injak rem + Kopling...sedikit gas maju lagi pelan-pelan...maklum agak rame jalannya...sampai di depan gerbang petugas berpakaian agak kecoklatan pakai baret sudah menyambut....slamat sore pak...." Met sore...e... Bapak lenggah..mas ?....o...njih sekedap kulo melebet rumiyen njih....Deplok-deplok-deplok.....petugas jaga keluar dari rumah dinas...monggo/silahkan pak ....Bapak sampun nenggo ten ndalem...." Njih Matur nuwun mas "........itu baru masuk pintu gerbang lho...mau masuk pintu lagi sudah ada assisten yang jaga....ijin lagi.....baru dianter manghadap "Super Big Boss".
sampai di dalem semua berkas dan dokumen di keluarkan ....sedikit presentasi sampai super big boss paham betul,....kan malu kalo pas presentasi nanti salah....dan kalo sampai salah kan nanti kena sindiran.....dan hilang satu point kalo suatu saat mau promosi...makanya ngelayanin super big boss ya harus sesempurna mungkin...bahkan kalo bisa sanggat sempurna...biar kalo pas ada kenaikan jabatan dapat point plus dan dapat perhatian khusus.
selesai presentasi eh...super big bos..maunya cuma buka acara saja......nanti yang presentasi njenengan mawon njih......." biasanya seh" ....., o...njih pak mbenjang kulo nderek bapak mawon....selesai dari rumah dinas pulang...sampai rumah sudah jam 18.30, ya karena sudah biasa, terpaksa anak dan istri ya cuma biasa juga.....lalu istirahat sebentar, menunaikan ibadah...lalu makan malam....pas makan malam..." kring-kring-kring " " halo....o...njih-njih pak "...tut..tut...tut....." makan baru dapet 12 sendok....,malah nyalain komputer ....sambil nunggu komputer loading....nerusin makan lagi.....lalu berdasarkan telpon dari big bosss ada revisi pada bab 5, wah biasanya itu kan soal-soal analisa dan hampir sampai kesimpulan....
Jam 21.00, mulai revisi sesuai permintaan big boss, selesai jam 23.00, eh....belum solat isya, ambil air wudu lalu solat, selesai solat masuk kamar siap-siap tidur....ya karena sudah kebiasaan istri pun tidak bertanya-apa-apa....lha wong wis dalane dewe-dewe je....tur wis kulinten. sambil tiduran masih mikir-mikir, ada yang salah tidak, ada yang perlu di bawa tidak untuk besok pagi, duit sudah siap belum, oleh-oleh buat kantor, buat kluarga, pakaiannya apa, setelah miring kanan, miring kiri, akirnya jam 01.43....jiwa sudah berpisah dari raga.
Maklum kan cape...Kukuruyukk ....kkkkkkkk kkkkkk......wah bangun tidur sudah telat....biasanya jam 05.30... . sekarang jadi jam 06.10.... tapi yang namanya pejabat ya harus tetep keliatan mata terbuka lebar, wajah tidak kusut, berpakaian besus, parfum wangi, dan necis.....biar keliatan wibawa...dan percaya tidak hal-hal seperti itu selalu terulang-ulang, berulang-ulang.
Ok...mungkin aktifitas seorang pejabat..ya boleh di bilang agak mirip-mirip lah dengan contoh di atas, yang membedakan mugkin ada yang iklash dan ada yang berpamrih.....tapi terlepas sejauh mana keiklasan dan pamrih yang telah dilakukan, mereka adalah orang-orang yang kehilangan, meski hanya satu spasi...tapi mereka telah melewatkan sebuah momentum yang sebenarnya lebih penting bagi hidup dan kehidupan mereka sendiri, dan kalo hal ini terus berkelanjutan para pejabat ini akan menjadi sebatang pohon kering di tengah hutan basah macam papua.
sekarang kalo pertanyaannya di balik " kepada aku " seandainya aku jadi mereka...gt maksudnya...masak gak paham seh....." Kwakakakakakakakakak" kalo boleh milih neh...mending aku menjadi pejabat yang pakaiannya bau, pejabat yang jarang mandi, pejabat yang parfumnya otomatis keluar dari badan dan baunya khas..."kecut", atao pejabat yang tidak memiliki staf dan atasan,..... paling tidak aku masih bisa melihat tanaman di depan rumah yang mulai berbunga, bisa bisnis kayu, kerajinan, melihat istriku yang pipinya mulai keriput, melihat anakku mulai belajar berhitung dan bernyanyi, dan yang paling penting adalah tidak melewatkan malam bersama kekasih abadi. Atau jika mungkin aku memilih jadi pengrajin iman heheheheheh.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken