Program PEKM PLUS Dlingo

Dlingo : www.suarakomunitas.net : Melihat Potensi Sumber daya Alam di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul tampaknya sangat mungkin dilaksanakan Gerakan Budidaya Padi Organik. Potensi yang mendukung antara lain : ketersediaan limbah peternakan, limbah pertanian, limbah industri kayu dan sumber air untuk pertanian. Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul Ir.Edy Suharyanta,MM, pernah menyampaikan dalam rapat koordinasi Dinas Pertanian dan Kehutanan bahwa Budidaya padi organik hanya dapat dilaksanakan di daerah-daerah yang pengairannya berasal dari sumber mata air dan kebanyakan didaerah pegunungan. 

Ini karena didaerah yang air irigasinya melewati kawasan kota kebanyakan sudah terkontaminasi limbah pabrik ataupun limbah limbah kota yang notabene banyak mengandung bahan kimia, Berpijak dari dari apa yang disampaikan Kepala Dipertahut tersebut, maka masyarakat petani Desa Terong dan Desa Muntuk difasilitasi oleh BPP Kecamatan Dlingo membuat Kegiatan bersama antara Badan Kesejahteraan Keluarga Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( BKKPPKB ) dan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul melaksanakan budidaya padi organik melalui PEKM PLUS ( Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Miskin Plus ).

Bentuk kegiatan yang dilakukan seluruh petani dalam satu hamparan membentuk kelompok kegiatan dengan jumlah anggota dalam satu kelompok 15 orang sementara di Desa Muntuk ada 4 kelompok dan Desa Terong ada 3 kelompok. Setiap kelompok akan mengelola pinjaman modal dari BKK sebesar Rp.15.000.000,-

Dari hasil keputusan rapat kelompok, modal tersebut akan digunakan untuk budidaya padi organik dengan alokasi untuk upah tenaga kerja, Pengadaan Benih, Pengadaan Pupuk organik, Pengadaan Pestisida organik dan sewa lahan. Sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan ini adalah :
1. Terbentuknya kelompok kegiatan produktif yang berbasis Gakin.
2, Terwujudnya Pertanian organik,
3, Terpeliharanya Lahan dan lingkungan,
4, Menurunnya Kandungan dan atau residu racun didalam tanah dan bahan makanan,
5, Meningkatnya : Pengetahuan,Kesadaran , Pendapatan dan kesejahteraan petani,
6. Terwujudnya Kelompok Tani yang mandiri

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken