12 Dusun di Dlingo Rawan Longsor

Dlingo : KRjogja.com : Sebanyak 12 dusun di Kecamatan Dlingo kategori rawan bencana tanah longsor. Lokasi tersebut berada di tiga desa yaitu Desa Terong, Muntuk dan Mangunan. Pernyataan tersebut dilontarkan Camat Dlingo. Sukrisna merinci, jumlah dusun tersebut meliputi Dusun Cempluk, Sukorame dan Kanigoro berada di Desa Mangunan. Desa Muntuk terdiri Dusun Seropan I dan II, Karangasem, Tangkil dan Pedukuhan Banjarharjo atau Ngliseng. Wilayah Desa Terong meliputi Kebokuning, Saradan, Pancuran dan Rejosari.

"Wilayah itu memang sangat rawan bahaya longsor, sehingga memang harus meningkatkan kewaspadaan, terutama bila hujan lebat," ujar Sukrisna. Untuk Desa Temuwuh dan Dlingo, menurutnya tidak terlalu mengkhawatirkan ketimbang tiga desa lainnya. "Dua kecamatan itu medannya datar, sehingga tak terlalu rawan," jelasnya.

Selama ini, kata Sukrisna, banyak kejadian tanah longsor lantaran berada di bawah tebing. Padahal kondisi tanah di kawasan Dlingo sangat labih. Sadar akan ancaman bencana longsor, sejumlah program penanggulangan bencana gencar digulirkan oleh pemerintah desa dan kecamatan, mulai simulasi hingga pelatihan penanggulangannya. Pemerintah Kecamatan Dlingo menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul untuk memerangi ancaman itu. "Kami bersama BPBD Bantul menggelar pelatihan kebencanaan," ujarnya. Langkah tersebut dinilai efektif memberikan bekal ketika bencana terjadi.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken