KOPDIT ADIL Terong Terima penghargaan Tanda Jasa Bhakti Koperasi

Dlingo :BANTUL (KR) : 480 Koperasi di DIY dari total koperasi di DIY yang berjumlah 2.410 koperasi,  tidak menjalankan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan fungsinya. "Dari koperasi-koperasi di DIY itu ada yang menjalankan RAT dan ada yang tidak. Saat ini kami sedang lakukan pendataan kepada koperasi-koperasi yang bermasalah untuk melakukan pencabutan badan hukumnya," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) DIY Astungkoro usai upacara memperingati Hari Koperasi Nasional ke-64 tingkat Provinsi DIY, Sabtu (16/7) di Lapangan Trirenggo Bantul.

Menurutnya, dari beberapa koperasi itu ada yang mengatasnamakan BMT. Mereka tidak menjalankan prinsip-prinsip koperasi, yaitu dari, oleh dan untuk anggota, sehingga anggota tidak bisa melakukan pengawasan terhadap jalannya koperasi. "Kalau yang tercatat di DIY itu ada 60 BMT dan itu jalan semua. Tapi ada yang berbadan hukum pusat, provinsi dan kabupaten. Untuk BMT yang kurang sehat ada 4 BMT, 3 diantaranya berada di luar DIY," ujarnya. Sedangkan Plt Sekda DIY Drs Ichsanur selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-64 tahun 2011 Tingkat Provinsi DIY saat membacakan sambutan Gubernur DIY, mengajak para insan penggiat koperasi di DIY untuk senantiasa meningkatkan kerja sama, semangat kesetiakawanan, kekeluargaan dan kebersamaan sebagai jati diri gerakan koperasi dan jati diri bangsa.

"Mari kita terapkan nilai-nilai keteladanan yang diajarkan Bapak Koperasi Indonesia almarhun Bung Hatta, yaitu persaudaraan, gotong royong dan kemandirian dalam gerakan koperasi di tanah air Indonesdia," katanya.  Menurut Sri Sultan HB X, Indonesia harus siap menyongsong pencanangan tahun 2011 mendatang sebagai Tahun Koperasi se Dunia oleh PBB. Dengan membangkitkan dan merevitalisasi gerakan koperasi pada ranah pembangunan ekonomi."Kita bersama-sama melakukan perbaikan manajemen atau tata kelola dan iklim usaha ke arah yang lebih baik, untuk meningkatkan daya saing dan kinerja koperasi di tengah pertumbuhan ekonomi yang begitu kompetitif," tegasnya.

Peringatan Hari Koperasi di DIY tahun ini menjadi lebih istimewa dibanding tahun sebelumnya. Karena tahun ini Pemprov DIY dan juga Pemkot Yogyakarta, Pemkab Bantul dan Sleman mendapat penghargaan sebagai penggerak Koperasi tahun 2011. Tahun ini dari DIY yang menerima penghargaan Tanda Jasa Bhakti Koperasi oleh Menteri Koperasi dan UKM yakni Bupati Banjul Hj Sri Surya Widati, Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi, Tokoh gerakan Koperasi Sleman Drs Kasarah Budi Hartono, Tokoh Koperasi Kulonprogo Drs H Barjo dan Kepala SMK Koperasi Yogya Sutarmi Praha.  Koperasi berprestasi tingkat Nasional dari DIY, Primkopau Adisutjipto, Primkop UPN , KSP Kopdit Adil Dlingo Bantul dan Koperasi Cinta Manis Pendowoharjo Sewon Bantul. Pada upacara kemarin juga diserahkan piagam dan hadiah kepada para pemenang lomba Koperasi dalam rangka hari Keperasi ke-64 se Provinsi DIY.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken