Sekolah Lapangan Petani Muda Jatimulyo

Dlingo :jatimulyo.com : Forum Pengembangan Ekonomi Lokal (F-PEL) desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dimotori oleh sebagian besar kaum muda, telah menyusun rencana strategis (renstra) di bidang pertanian untuk wilayah Jatimulyo, dimana garis besarnya adalah mengembangkan teknologi produksi pertanian dan mengembangkan keanekaragaman pangan lokal serta industri pengolahan pangan yang bernilai ekonomi tinggi, guna mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan berkelanjutan.

Sebagai awal implementasi renstra di bidang pertanian itu F-PEL Jatimulyo bekerjasama dengan LSM Daya Annisa Yogyakarta, GIZ, UNDP, Joglo Tani Sleman, dan Dipertahut Kabupaten Bantul telah mengadakan pelatihan dan sekolah lapangan pertanian secara intensif sejak bulan Maret sampai dengan Juni 2011. Pelatihan dimaksud untuk transfer ilmu dan teknologi pertanian bagi kalangan generasi muda dan kelompok tani yang ada di desa Jatimulyo. Kegiatan tersebut secara tidak langsung menjadi sarana yang efektif untuk menggerakkan generasi muda “kembali ke sawah”. 
 
Hal ini terbukti dengan antusiasnya para peserta mengikuti pelatihan dari awal sampai selesai. Berbagai ilmu dan pengalaman baru yang didapat selama tiga bulan pelatihan diantaranya : pertanian organik, pembuatan pupuk dan insektisida organik, pembuatan nutrisi ternak, teknik pengawetan pakan ternak dan manajemen pertanian. Kini bagi generasi muda desa Jatimulyo, tidak lagi alergi dengan istilah tani atau pertanian, karena dengan pendekatan dan teknologi yang tepat pertanian menjadi sesuatu yang menarik, disamping akan menjadi kebutuhan dasar dan semua kalangan dari lintas generasi, karena pertanian yang sejatinya akan menjadi pemasok pangan bagi kita semua.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken