Warga Dligo Waspada Antisipasi Bencana Musim Hujan

Dlingo : KRjogja.com : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Bantul meminta kepada warga yang tinggal di perbukitan untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan bencana tanah longsor.

"Saat ini intensitas hujan mulai meninggat. Warga di daerah perbukitan supaya meningkatkan kesiapsiagaannya, terutama saat turun hujan dengan intensitas tinggi," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul Drs Dwi Daryanto MSi . Lebih lanjut ia menuturkan, bagi masyarakat di perbukitan atau lereng perbukitan, apabila ada tanda-tanda pergerakan tanah untuk segera memilih tempat yang aman. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya korban tanah longsor.

"Kalau melihat tanah yang mulai retak-retak supaya segera antisipasi dan melaporkan ke petugas. Kemudian memilih tempat yang lebih aman. Karena dengan curah hujan intensitas tinggi, bencana longsor bisa saja terjadi sewaktu-waktu," tuturnya. Untuk daerah-daerah yang rawan terjadi tanah longsor Di Kecamatan Dlingo meliputi, Muntok, Terong dan Mangunan.

Disinggung dengan turun hujan sejak Minggu (6/11) hingga Senin (7/11) kemarin, "Dari hasil pemantauan petugas dilapangan, tidak ada kejadian apa-apa. Kami juga selalu berkoordinasi dengan Forum Pengurangan Resiko Bencana di tingkat desa maupun kabupaten jika terjadi bencana untuk segera melaporkan.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken