Revitalisasi Pasar Dlingo, Tampung Perajin dan Peternak

Dlingo : krjogja.com : Pasar Dlingo yang selama ini menjadi urat nadi warga Kecamatan Dlingo dan sekitarnya akan segera direvitalisasi. Program revitalisasi yang ditarget akhir tahun 2012 diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp 1 Miliar. Dalam revitalisasi pasar ini, kondisi yang semula berkonsep pasar tradisional akan diubah menjadi pasar semi modern dengan perluasan dan pembersihan area belanja dan los. Selain itu, direncanakan pula penambahan los dan kios akan banyak menampung perajin dan peternak untuk memasarkan usahanya.

"Pasar Dlingo rencananya akan diperlebar los-los untuk pedagang serta dibersihkan dan ditata. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan pengunjung," ujar Camat Dlingo, Sukrisna Dwi Susanto, MSi,. Sukrisna menambahkan revitalisasi dilakukan di Pasar Dlingo lantaran pasar tersebut saat ini dalam kondisi yang kurang representatif. Pasar yang berdiri diatas lahan seluas 2 hingga 3 hekter ini akan direvitalisasi menjadi kawasan multi fungsi.

"Sesuai dengan arahan Ibu Bupati (Hj Sri Surya Widati), rencananya Pasar Dlingo akan dibangun seperti Pasar Imogiri yakni pasar dengan konsep semi modern namun tetapi masih menjunjung konsep tradisional dalam pasar tersebut," tambahnya. Ditambahkan Sukrisna, revitalisasi Pasar Dlingo kawasan Dusun Koripan, Dlingo Kecamatan Dlingo ini hanya akan buka dengan model hari sepasaran. Untuk Pasar Dlingo biasanya buka pada Pahing dan Kliwon.

"Kami belum berani membuka pasar tiap hari karena warga Dlingo sudah terlanjur memiliki kebiasaan untuk berbelanja di luar pasaran tersebut. Selain itu faktor daerah yang jauh juga menjadi alasan utama," ucapnya lagi. Sukrisna menambahkan dari 200 los/kios yang sebelumnya terdata, setelah di revitalisasi akan bertambah menjadi 500 los/kios. Secara teknis, Sukrisna menambahkan pembanguanan pasar Dlingo akan masuk tahap pelelangan yang berlangsung Mei mendatang, sedangkan proyek mulai dikerjakan pada Juni-Juli.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken