Warga Dlingo Dambakan Jembatan

Dlingo : Radar Jogja : Warga Dlingo, Kecamaran Dlingo mendesak pemerintah segera membangun jembatan yang ada di wilayahnya. Jembatan itu untuk menghubungkan Desa Dlingo dengan Desa Banyusoco, Gunungkidul. Alasannya, tidak sedikit masyarakat Dlingo menggantungkan hidupnya dengan bekerja sebagai petani di wilayah Gunungkidul itu.’’Yang jelas transportasi antara kedua kabupaten ini akan menjadi sangat mudah jika ada jembaran. Selain mengggarap lahan pertanian di Desa Dlingo, sebagian masyarakat setempat ternyata ada juga yang menyewa lahan pertanian di Desa Banyusoco, Gunungkidul. Biasanya, mereka menggunakan perahu gethek untuk pergi ke lahan pertanian itu. Khususnya tanaman palawija.

Tak jarang masyarakat juga menempuh jalur darat untuk pergi ke lahan mereka. Hanya saja, perjalanan darat dengan menggunakan sepeda motor itu memakan waktu sekitar 30 menit. ’’Kalau menggunakan sepeda motor muter jadinya,” ungkapnya.Dengan adanya jembatan di atas Sungai Oyo itu diharapkan mampu meningkatkan produktifitas masyarakat kedua kabupaten. Bahkan, mampu mendongkrak taraf perekonomian warga. ’’Penjualan hasil pertanian juga akan semakin mudah,” harapnya.

Untuk mewujudkan pembangunan jembatan itu Kelurahan Dlingo pernah berkonsultasi dengan Pemkab Bantul. Hasilnya, pemkab menyarankan agar kelurahan mengajukan proposal pengajuan pembangunan kepada Pemerintah Provinsi DIJ. ’’Persoalannya jembatan ini menghubungkan dua kabupaten. Kami akan berkomunikasi dengan pihak Desa Banyusoco,” tambahnya. Anggota Komisi C DPRD Bantul, Aslam Ridlo mengatakan pembangunan jembatan penghubung kedua kabupaten itu merupakan wewenang Pemprov DIJ. ’’Tahun ini pemkab juga tidak menganggarkannya,” katanya.Meski demikian, Komisi C berjanji akan menyampaikan aspirasi warga ini kepada pemprov. Harapannya warga Dlingo dapat segera memiliki jembatan yang selama ini mereka dambakan.

2 Melu Omong:

KARANG TARUNA DESA DLINGO mengatakan...

Semoga Allah mengabulkan terbangunnya jembatan ini. Sehingga kesejahteraan Desa Dlingo cepat tercapai.

Mas Koetot mengatakan...

Beberapa waktu yang lalu, Kami sampaikan hal yg sama kepada Bp. Sukandar dan Dukuh Pokoh 2 Haryono, Untuk Melakukan langkah jemput Bola, Karena Banyu Soco akan mendapatkan anggaran dari DITJEN DIKTI dan DIN DKP Provinsi, tentu hal ini akan menjadi gayung bersambut ketika bisa ditindak lanjuti dengan proposal, sebagai contoh : Desa Terong sekarang sudah mendapatkan fasilitasi pembangunan jembatan dan jalan yg meghubungkan desa terong dengan Kecamatan Patuk, info in juga kami sampaikan Ke Desa Terong dan langsung diTindak Lanjuti oleh PJ lUrah Desa Terong Bp. Poniran ..Al hasil sekarang Jembatan dan hot mik jalan sudah terlaksana.

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken