A hidden cave in Dlingo, Bantul

 
What do you know about some beautiful caves located in Bantul, Yogyakarta? Some of you maybe have only known or visited Selarong cave and Cermai cave. Yah, those are most famous caves in Bantul. There is, however, one of other beautiful caves hidden in Bantul regency, namely Jatisari cave. Jatisari cave is one of hidden caves located in Seropan 3 village, Dlingo district, Bantul regency. Some visitors named the cave as Goa Lowo Jatisari because it has many cave bats inside. Visitors coming into the cave with the length about 1 kilometer will see active stalactites and stalagmites and through small river. If you want to visit Jatisari cave, it is better for you to come at dry season as the volume of river water isn’t high.
 
Satu lagi tempat menarik di kecamatan Dlingo, Bantul,Yogyakarta yang perlu diperhitungkan sebagai salah satu tempat pariwisata di Bantul. Tempat itu adalah goa Jatisari yang terletak di Dusun Seropan 3, Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul. Goa ini berada di ujung selatan kelurahan Muntuk yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Paliyan, Gunung Kidul.

Ketika anda datang ke kawasan goa Jatisari ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan alam berupa hamparan persawahan para petani yang berada di perbukitan dan derasnya aliran sungai oya sebagai pemisah antara Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul. Namun anda jangan berharap ada fasilitas layaknya sebuah tampat pariwisata. Tempat ini masih asri dan belum ada alokasi dana dari pemerintah untuk mengelola tempat ini.

Saat ini, pengunjung belum dikenakan biaya retribusi untuk memasuki kawasan ini. Apabila pengunjung membutuhkan pemandu untuk memasuki goa Jatisari, pengunjung dapat meminta salah satu warga setempat dengan tarif seikhlasnya.

Goa Jatisari merupakan salah satu goa yang memiliki aliran sungai didalamnya. Dimusim kemarau, aliran sungai itu tidak terlalu deras sehingga pengunjung dapat masuk hingga ujung mulut goa. Saat masuk ke dalam goa ini, pengunjung akan disuguhi indahnya stalakmit dan stalaktit yang masih aktif. Panjang goa ini sendiri sekitar 1 km dengan keindahan bebatuan menarik didalamnya.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken