Ajang Mencari Pasangan Berkedok Klub Olah Raga di Dlingo

Dlingo : Buserdlingo: Kecamatan Dlingo memiliki banyak potensi remaja berprestasi diberbagai bidang. Tidak hanya bidang akademis namun juga bidang oleh raga, ramaja dan pemuda di Kecamatan Dlingo juga sudah menelorkan atlit atlit berprestasi baik catur, bola voly, sepak bola dan lain sebagainya. Namun dibalik cerita sukses ini ternyata banyak menyimpan cerita mengerikan yang dialami oleh remaja-remaja putri di daerah Dlingo. Hal ini sudah menjadi rahasia umum namun tidak mendapatkan perhatian secara serius baik dari orang tua maupun pihak-pihak terkait.

Sebut saja "bunga" salah satu anggota club bola voly PC "Inisial Club Bola Voly" yang berada disalah satu dusun, yang terdapat dikecamatan Dlingo. Beberapa tahun yang lalu bunga bergabung dalam club bola voly ini, namun dalam perjalannannya banyak hal menyedihkan yang dialami, " tutur bunga saat diwawancarai buseerdlingo". Awal bergabung di PC bunga dan kawan-kawannya belajar dan berlatih seperti layaknya anggota klub yang lain, beberapa kali bunga juga aktif dalam kegiatan non pelatihan yaitu kegiatan sosial kemasyarakatan yang diadakan oleh penggurus PC.

Namun hal-hal janggal mulai dirasakan bunga ketika penggurus dan para senior PC berencana mengadakan lawatan bertanding keluar dari kecamatan Dlingo. Seperti biasanya pengurus mencatat anggota-anggota yang akan ikut melawat dan bertanding. Dari hasil catatan itulah kemudian ditentukan remaja putri akan mendapatkan pasangan berboncengan sepeda motor untuk bersama-sama berangkat melawat. Bunga menuturkan lagi "biasanya yang boncengin senior PC" "dan sepertinya para pengurus dan para senior PC kompak untuk soal siapa dipasangkan siapa?, hingga motor yang dipakai milik siapa? "imbuhnya". bahkan ada yang sepertinya pengurus dan senior terlihat iri ketika ada remaja putri yang cantik diboncengin orang lain yang tidak sesuai catatan, "Pungkasnya".

Pada saat keberangkatan itulah biasanya para pengurus dan senior mulai mendoktrin dan bercerita banyak hal yang menarik tentang organisasi, kegiatan dan prestasi PC. Setelah beberapa kali lawatan bunga baru merasakan hal-hal aneh termasuk motor yang tiba-tiba ngerem mendadak dijalan yang bagus "Agar terjadi kontak fisik : Ungkapnya", motor tiba-tiba masuk ke lorong-lorong jalan buntu dan sunyi "biasanya yang seperti ini sudah terjalin hubungan antara pengurus/senior kepada remaja putri binaan, lalu pasangan dipacari dan diperlakukan layaknya suami istri atau sekedar meraba-raba "imbuhnya sambil menangis",  secara umum baik pengurus maupun senior PC rata-rata menebar pesona dan sudah memiliki incaran ramaja putri yang hendak dijadikan target pelampiasan nafsu atau sekedar pelecehan yang dilakukan secara halus, dengan dalil kakak beradik atau senior terhadap yuniornya.

Yang paling sering terjadi di PC adalah memacari remaja-remaja putri yang masih pemula, dan ironisnya ini terjadi pada setiap remaja putri yang memiliki paras wajah cantik atau memiliki postur tubuh yang seksi. Namun proses pacaran itu tidak berlangsung lama, ketika para remaja putri keluar dari Klub PC biasanya pacaranpun selesai. Atau secara sengaja para pengurus atau anggota senior membuat hubungan pacaran itu menjadi bermasalah sebagai alasan dan akhirnya keluar dari Klub PC dengan sendirinya.

Banyak sekali permasalahan pelecehan yang terjadi di Club PC "Menurut Sumber yang berbeda", Sumber : Tidak maudisebutkan namanya : "dari pelatih, pengurus, sampai anggota senior asli domisili setempat rata-rata pernah memiliki kasus pelecehan yang tidak pernah diungkap ke publik, disamping kebobrokan lain dari sisi pertanggungjawaban pengurus organisasi kepada anggota, namun itu terjadi sekitar 3-5 tahun yang lalu. "Ungkapnya". yang paling baru adalah isu hamilnya anggota PC oleh pelatih PC sendiri yang sempat dimuat di salah satu Koran terkemuka di jogja. Belum lagi kasus kehamilan yang lain yang juga terjadi dalam Klub PC ini.

Beberapa hal terkait hal-hal diatas adalah sebuah rahasia umum yang selama ini diketahui masyarakat namun enggan mempermasalahkannya. pengakuan bunga merupakan satu hal yang harus diantisipasi oleh para orang tua dan berbagai pihak. Alih-alih ingin berprestasi namun bisa jadi tanpa pengawasan yang baik dan komunikasi yang baik antara anak dan orang tua maka yang terjadi pelecehan seksual. Sebuah organisasi olah raga mestinya membangun badan yang kuat untuk juga menghasilkan remaja dan pemuda yang berjiwa kuat, sebagaimana lagu Indonesia Raya "BANGUNLAH BADANYA BANGUNLAH JIWANYA". Hal ini tentu akan sulit di ungkap karena dalil utamanya adalah pacaran dan suka sama suka, selanjutnya nuranilah yang harus bicara.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken