KMPSO Komitmen Jaga Ekosistem Sungai Di DLINGO

Dlingo : krjogja.com: Kelompok Masyarakat Pengawas Sungai Oya (KMPSO) terus mendorong masyarakat menjaga lingkungan di sepanjang aliran karena sungai ini menanggung hajat hidup masyarakat di daerah yang dilalui. Bahkan aliran tersebut menjadi penopang kehidupan sehari-hari masyarakat di Desa Jatimulyo, Desa Dlingo Kecamatan Dlingo serta sebagian wilayah Imogiri.

Hal ini terungkap dalam sosialisasi pentingnya menjaga lingkungan sungai oleh KMPSO dengan narasumber dari Dinas Perikanan DIY dan Bantul di Dusun Dodokan Desa Jatimulyo Dlingo Bantul, Kamis (26/9). Program sosialisasi melibatkan puluhan warga Dlingo Bantul dan Gunungkidul.

Ketua KMPSO, Samiyanto mengatakan, sosialiasi selalu menjaga ekosistem sungai harus dilakukan. Terutama kebiasaan masyarakat mencari ikan dengan bahan peledak, zat kimia atau listrik harus dihindari. Bahkan KMPSO yang beranggotakan masyarakat dari Dlingo dan Gunungkidul menggandeng kepolisian untuk menindak jika terjadi pelanggaran.

"Kami tidak mau kompromi, jika sudah mengarah pada perusakan lingkungan kami serahkan kepada penegak hukum," ujarnya. Dijelaskan, organisasinya akan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya menjaga ekosistem sungai.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken