Dispertanhut Bantul Upayakan Tanaman Berbuah Sepanjang Tahun di mangunan Dlingo

Dlingo : Harianjogja.com: Dinas Pertanian dan Kehutanan (Disperhut) Kabupaten Bantul masih mengupayakan agar tanaman buah di Kebun Buah Mangunan bisa berbuah sepanjang tahun.

Kepala Dispertanhut Bantul Partogi Dame Pakpahan mengakui kebun buah belum bisa menyajikan tanaman yang berbuah tiap waktu sehingga dapat memanjakan pengunjung untuk menikmati buah-buahan. Tanaman buah masih mengandalkan musim sehingga hanya pengunjung pada bulan-bulan tertentu yang bisa memetik sendiri buah yang tersedia.

Menurut Partogi, persoalan tersebut tengah diupayakan pemkab untuk dapat mendapatkan teknologi pertanian agar tanaman buah dapat berbuah sepanjang waktu. “Itu sedang kami carikan solusinya untuk mendapatkan rekayasa genetik,” ujarnya, baru-baru ini.

Saat ini Dispertanhut menggandeng ahli hortikultura untuk mengupayakan tanaman berbuah sepanjang waktu. Rekayasa teknologi baru melalui berbagai pengujian pemupukan, pengujian tanah, hingga pemilihan bibit tanaman masih didalami agar stok buah nantinya mencukupi kebutuhan pengunjung tanpa harus menunggu musim.Namun demikian Partogi mengakui kebun buah ini memiliki daya tarik lain untuk tetap mencuri perhatian pengunjung. Rata-rata pada hari biasa ada 100 pengunjung dan mencapai kisaran 500 pengunjung untuk hari libur.

Tahun ini pemkab Bantul melalui Dinas Pekerjaan Umum akan membangun perbaikan akses jalan lokasi kebun buah dari jalur masuk sampai puncak gardu pandang juga pembangunan penambahan jumlah MCK agar lebih representatif lagi.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken