DIY akan kembangkan potensi wisata Kecamatan Dlingo

Dlingo : antarayogya.com:  Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengembangkan seluruh potensi wisata di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, untuk kemajuan kecamatan yang mayoritas wilayahnya perbukitan tersebut.

"Ada tiga tahap untuk pengembangan potensi wisata desa-desa di Dlingo," kata Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di sela berdialog dengan jajaran pejabat Pemkab Bantul dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul, Minggu.

Menurut Sultan, pembangunan tahap pertama akan direalisasikan pada akhir 2015. Pemda DIY akan memberikan bantuan untuk pembangunan fisik dan pengembangan objek pariwisata yang terdapat di beberapa desa di Dlingo.

Pengembangan itu, antara lain, revitalisasi Sendang Mangunan, pendirian `home stay` Kampung Limasan, Kampung Budaya Cempluk, dan pengembangan Kebun Buah Mangunan."Juga untuk UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) Tiwul Ayu," kata Sultan.

Sementara itu, menurut Gubernur, pembangunan kawasan Dlingo tahap kedua dan ketiga akan direalisasikan Pemda DIY secara bergiliran pada 2016 dan 2017.

Mengenai rencana pengembangan wisata Dlingo ini, Sri Sultan berharap camat Dlingo, lurah desa se-kecamatan Dlingo, serta warga bisa mempersiapkan serta melakukan konsolidasi menyeluruh agar rencana pembangunan wilayah Dlingo dapat berjalan maksimal.

"Tidak hanya sekadar duduk, akan tetapi masyarakat juga harus dapat menikmati keuntungan, sehingga pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat ikut meningkat," katanya.

Sultan mengatakan, sebab, dengan pembangunan dan pengembangan objek wisata diharapkan jumlah wisatawan di Dlingo akan semakin meningkat.

Sultan juga mengatakan, ingin menjadikan Dlingo sebagai prototipe kecamatan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor pariwisata.

"Namun tidak hanya itu saja, desa-desa wisata di Dlingo harus menjadi desa yang mandiri dan berbudaya, tidak hanya bicara kesejahteraan," katanya.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken