Konserfasi Kawasan Sungai Oyo

Dlingo :Sungai dan air merupakan sumber kehidupan, dimana kecamatan Dlingo sebagai salah satu kawasan Karst yang ada di Kabupaten Bantul dilintasi oleh Sungai Oyo. kondisi sungai oyo yang melintas di Kecamatan Dlingo sampai saat ini secara kasat mata masih terlihat wajar dan normal. Namun setelah Tim Susur Sungai Gema Angkasa berupaya melihat kondisi dilapangan yang terjadi adalah sebuah pemandangan yang memperihatinkan dan dimungkinkan dapat menjadi gejala awal rusaknya kawasan sungai oyo.

Dari Dusun Maladan Desa Jati Mulyo Tim Susur Sungai melakukan penyisiran sampai dengan Jembatan Dodogan. pada kawasan ini kanan kiri sungai tidak memiliki hijauan pinggir sungai yang rindang. hal ini terjadi diakibatkan karena semakin luasnya lahan pertanian yang kemudian berakibat pada penebangan pohon-pohon yang oleh petani dianggap "Ngroyomi" sehingga tanaman pertanian menjadi tidak subur.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dari jembatan dodokan sampai dengan dusun pokoh 1 desa dlingo, sepanjang pinggiran kawasan sungai panas dan rindang pohon baru dapat dirasakan setelah memasuki kawasan Dusun Pokoh 1 desa Dlingo. Kawasan slempret yang saat ini dikenal dengan sebutan Sri Panjung tampak pohon sudah mulai rindang namun dengan adanya pembangunan jalan menuju sungai diharapkan kerindangan terus akan ditingkakan sebagai daya dukung wisata.

Terakhir penyusuran pada hari kedua adalah dari Dusun Pokoh 1 Desa Dlingo sampai dengan kawasan Perbatasan banyu Soco Playen dengan Dusun Kebosungu Desa Dlingo. pada kawasan ini terdapat sebuah spot yang tampak sekali bahwa kawasan ini adalah kawasan dimana Sampah mulai tersangkut oleh pohon-pohon yang ada di pnggir sungai. sampah-sampah rumah tangga dan pariwisata mendominasi terbaca dari jenis sampah yang terbuat dari platik dan kain.

Pada sepajang Dusun Maladan desa Jatimulyo sampai dengan Dusun Kebosungu Desa Dlingo Tim Penyusur sungai berhasil menanam sebanyak lebih dari 400 bibit pohon pada masa yang akan datang tim akan melakukan penelusuran lebih jauh dan direncanakan akan dilakukan secara rutin berkala. mengingat sungai adalah sumber kehidupan yang harus dijaga kelestariannya.










0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken