Gema Angkasa Berjejaring

Dlingo : Sejak 25 September sampai dengan 25 oktober 2016 Gema Angkasa melakukan proses berjejarig secara marathon kepada masyarakat. maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan langkah agar masyarakat memahami kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Gema Angkasa. didalam kegiatan tersebut dipresentasikan riwayat berdirinya Gema Angkasa sampai dengan capaian-capaian yang berhasil dilaksanakan oleh Gema Angkasa di Wilayah Kecamatan Dlingo.

Kunjungan pertama Gema Angkasa Diawali dengan pemberian Dana Komunitas kepada Masyarakat RT.01, Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Bantul. Maksud dari Penyaluran dana tersebut adalah sekaligus sebagai salah satu respon dampak sosial oleh Gema Angkasa kepada masyarakat yang terdampak langsung oleh Gema Angkasa. Kemudian dana tersebut oleh masyarakat disimpan dalam bentuk Kas RT setempat. Respon dampak sosial ini diberikan dikarenakan hampir setiap saat anggota-anggota Gema Angkasa Melintas di Padukuhan Pokoh 1 desa Dlingo. dengan demikian dapat dipastikan bahwa aktifitas tersebut dimungkinkan akan menimbulkan pertanyaan didalam masyarakat sekaligus mungkin mengganggu aktifitas masyarakat. sehingga dengan dana tersebut diharapkan masyarakat dapat memaklumi dan mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Gema Angkasa.


 Setelah Kunjungan tersebut dilanjutkan dengan ramah-tamah ke Kantor Camat Dlingo, Disamping bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan-kegiatan Gema Angkasa Diwilayah Kecamatan Dlingo, Kegiatan ini juga memberikan pemahaman kepada pemerintah Kecamatan Dlingo. Dalam Pertemuan tersebut Gema Angkasa Juga mempresentasikan secara transparan transaksi keuangan yang dipergunakan oleh Gema Angkasa untuk membiayai kegiatan dan implementasi Kemandirian.


Bentuk jejaring yang dikembangkan tidak hanya kalangan pemerintah, namun juga dengan para pelaku pemberdayaan dari wilayah lain, dalam hal ini salah satu komunitas yang sharing dan berdiskusi dalam kegiatan berjejaring berasal dari TBM Kuncup Mekar kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul.

Tidak berhenti disitu edisi berjejaring juga dilaksanakan di Kantor Balai desa Dlingo, dalam kegiatan tersebut diterima langsung oleh Lurah Desa Dlingo. Dalam Kesempatan itu Gema Angkasa juga menyampaikan sebuah konsep rencana pengembangan wilayah Dusun Pokoh 1 yang akan dikembangkan menjadi salah satu Dusun Kreatif di Desa Dlingo. 


Selesai dari kegiatan tersebut kemudian sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, Gema Angkasa menjalin komunikasi dengan Padukuhan Seropan 3 Desa muntuk. Dalam Kegiatan berjejaring dengan Dukuh, Ketua RT, dan tokoh di padukuhan Seropan 3 Desa muntuk adalah untuk menindak lanjuti program kegiatan Gema Angkasa Bhakti Wana ke -2 yang berlokasi di Dusun Seropan 3. Kepala Dusun dan seluruh masyarakat menyambut baik kegiatan tersebut serta mendukung kegiatan tersebut.


0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken