Menurunkan Kemiskinan dengan Bonus

Dlingo : KOMPAS.com : Untuk memacu penurunan angka kemiskinan Pemerintah Kabupaten Bantul menyediakan bonus sebesar Rp 20 juta bagi desa dengan penurunan kemiskinan di atas 10 persen per tahun.
Tahun ini sudah ada delapan desa yang berhasil menerima bonus tersebut. Delapan desa tersebut adalah Desa Sumbermulyo, Desa Panjangrejo, Desa Srihardono, Desa Selopamioro, Desa Mangunan, Desa Terong, Desa Argosari, dan Desa Srimulyo.

"Indikator yang digunakan untuk mengevaluasi penurunan kemiskinan ini adalah indikator kelembagaan, program, dan hasil," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bantul. Dari delapan desa tersebut, sebagian besar berada di daerah pinggiran yang selama ini justru menjadi kantong kemiskinan. 

Misalnya saja, Desa Mangunan dan Desa Terong yang terletak di Kecamatan Dlingo Semangat gotong royong menjadi modal utama warga pelosok untuk mengentaskan kemiskinan. Menurutnya, pemberian bonus menjadi stimulan efektif bagi desa untuk menurunkan angka kemiskinan di daerahnya. Pamong desa termotivasi untuk mengembangkan program-program pengentasan kemiskinan karena tergiur bonus. "Setiap desa yang bisa menurunkan angka kemiskinan di atas 10 persen, kami sediakan bonus Rp 20 juta," ujarnya.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken