Pasar Dangwesi Di Renovasi

Dlingo : Pasar Dangwesi adalah salah satu pasar desa yang menjadi sentra perdagangan di Desa Terong maupun Kecamatan Dlingo. Pasar ini menempati lahan yang strategis di wilayah perbatasan antar desa antara batas Desa Jatimulyo dan  Batas Desa Temuwuh. Pasar ini merupakan salah satu pasar desa Terong, yang juga sekaligus sebagai sumber pendapatan asli desa.

Semenjak bulan Pertengahan September 2010 pasar ini secara bertahap akan direnovasi secara fisik. Berdasar informasi yang berkembang pembangunan pasar ini dikontrak kan pada pihak ke tiga melalui mekanisme system kontrak yang akan berlangsung selama kurang lebih 20 tahun. Pihak ketiga dalam hal ini adalah "Koperasi Kredit Adil" Terong Dlingo yang merupakan salah satu Koperasi yang sedang Maju pesat.

Mekanisme dan renovasi pembangunan pasar ini juga diwarnai dengan adegan-adegan yang menggelikan, Sementara papan nama proyek belum terpampang terlihat beberapa oknum melakukan pembongkaran. Tentu hal ini menjadi perhatian bersama, bagaimanapun juga aset desa merupakan harta yang harus di pertanggungjawabkan pada masyarakat. Fungsi pengawasan terlihat juga semrawut, karena pembongkaran bangunan terkesan tidak mengacu pada petunjuk oprasional pembongkaran prasarana fisik. Hal ini sudah terjadi dan tentu akan berpengaruh pada harga penyusutan barang aset desa.

Disamping itu para pedagang juga masih bertanya-tanya soal mekanisme sewa tempat apabila pembangunan pasar tersebut sudah selesai. Masyarakat luas tentu juga berharap agar pembangunan pasar tersebut berorientasi pada kepentingan publik. Kepentingan publik juga bukan sekedar lips service semata karena publik juga butuh akuntabilitas dan laporan atas kegiatan tersebut. Seyogyanya sebagai Desa Pertama di Dlingo yang sudah menerapkan "Model Keterbukaan Informasi Publik" Desa Terong sudah menampilkannya secara umum terkait prosedur, mekanisme dan konsep pembangunan pasar dangwesi.

2 Melu Omong:

Anonim mengatakan...

Prosedur dari semua pihak sudah diupayakan agar tidak terjadi benturan dari berbagai aspek termasuk aspek sosial, terkait dg sosialisasi, relokasi serta pembongkaran pasar juga sudah dikondisikan dengan All Out, karena pembangunan pasar harus selesai minggu ke 3 Desember 2010. Bahkan siapa yang akan membangun pasar tersbutpun sudah melalui mekanisme yang ada, yaitu lelang. Mudah-mudahn pasar Desa Terong yang akan dikelola oleh Koperasi Kredit ADIL DLingo menjadi awal sebuah kebersamaan dalam upaya meningkatkan kegiatan ekonomi produktif dan berdampak pada kesejahteraan.

Mas Koetot mengatakan...

Semoga saja, Karena Pasar Juga Bisa Menjadi lahan Empuk Model Korupsi Gaya Lama Model baru...Selebihnya Biar Masyarakat Dlingo Yang Mengawasi dan Merasakannya

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken