Ulah PDAM Dlingo Beberapa Jalan Utama Rusak

Dlingo : Koordinasi pemanfaatan badan jalan di Kecamatan Dlingo perlu diperhatikan, terkait rusaknya beberapa titik jalan rusak disepanjang jalan utama di Dlingo. Apabila dicermati terdapat banyak sekali bekas lubang PDAM Dlingo yang mengembangkan jaringan per pipa an namun tidak memperhatikan para pengguna jalan.

Sepanjang jalan dari arah perbatasan wilayah Gunungkidul tepatnya di Padukuhan Dodogan Jatimulyo sampai simpang tiga Kerdu Temuwuh Dlingo terdapat hampir 8 titik bekas galian PDAM Dlingo yang tidak tertutup sempurna. hal ini tidak urung juga merupakan penyebab kecelakaan berkendara.  Rata-rata bekas galian per pipa an melintang di badan jalan dan beberapa titik mengikuti alur badan jalan seperti terdapat di Padukuhan Ngunut Desa Temuwuh yang menyebabkan terjadinya genangan air jika musim hujan.

Masyarakat secara swadaya sudah berusaha menutup bekas galian tersebut dengan semen secara swadaya, namun tentu hal ini tidak efektif karena secara konstruksi perpaduan aspal dan semen tidak singkron, sehingga tidak mampu bertahan lama. Lebih paranya lagi apabila sudah masuk ke daerah jalur-jalur penghubung antar desa di Kecamatan Dlingo maka bekas galian PDAM Dlingo ini tampak sembarangan dan tidak mengembalikan sesuai bentuk fisik pada awalnya.

Kedepan dibutuhkan korrdinasi antara Dinas Pekerjaan unum dengan PDAM Dlingo agar dalam pemanfaatan jalan tidak merugikan masyarakat terutama para pengendara bermotor. Disamping juga menekan tingkat kecelakaan akibat rusaknya jalan. Atau agar lebih tertata perlu di adakan forum Rencana Tata Ruang Dan Wilayah di Kecamatan Dlingo sebelum terjadi banyak pembangunan dan demi kenyamanan masyarakat. Apabila ini di cetuskan maka pada masa yang akan datang tidak akan ada permasalah terkait pembebasan tanah dan sengketa lahan maupun disharmoni dengan lingkungan antara agen pembangunan dengan masyarakat Dlingo.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken