Jalan Baru Dibangun, Warga Terong Dlingo Tak Perlu Ambil Jalan Memutar 10 KM

Dlingo : TRIBUNJOGJA:  Paiyem (55) warga sekitar dusun Ngenep Kecamatan Dlingo-Bantul mengaku senang dengan dibukanya akses jalan dari dusun Ngenep, desa Terong menuju dusun Semuten, desa Jatimulyo. Pembukaan jalan baru dan jembatan tersebut merupakan hasil dari kerjasama Prajurit TNI dan warga sekitar dalam program TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) 2013.

"Alkhamdulillah sae nggih (Alhamdulillah baik sekali, jalannya-red)," ungkap Paiyem spontan ketika awak media Tribun melintasi Jalan baru hasil kerjasama masyarakat sekitar dusun Ngenep dan TNI, dalam program TMMD yang berakhir hari ini, Selasa (29/10/2013). Program TMMD berlangsung selama 21 hari, dari tanggal 9 Oktober 2013 hingga 29 Oktober 2013.

Paiyem yang pekerjaan sambilannya menjajakan pakaian secara berkeliling desa, mengaku senang dengan adanya jalan baru tersebut. "Kalau biasanya saya melewati jalan setapak kalau mau ke Jatimulyo, kini lebih mudah dengan adanya jalan dan jembatan baru," jelasnya.

Sementara itu Wakijo, penduduk setempat juga mengungkapkan kegembiraanya dengan dibukanya akses jalan baru tersebut. "Dengan jalan baru ini, kalau mau ke Wonosari, Pathuk, Yogya, tidak perlu lagi memutar sejauh 10 Km, hanya menempuh sekitar 700 meter dengan adanya jalan dan jembatan ini" ungkap Wakijo yang juga ketua LKMD desa Terong.

Wakijo menambahkan, bahwa sebelum dijadikan jalan, area tersebut merupakan sawah milik desa yang akhirnya dibebaskan, menjadi jalan baru guna memudahkan mobilitas penduduk. Jalan baru tersebut masih berupa jalan tanah sepanjang 750 m dengan lebar 6 m. Diatas sungai juga telah dibangun jembatan dari bambu, sepanjang 10 m dengan tinggi 3 m. "Kedepan rencananya akan ada pengerasan jalan baru ini, tapi belum tahu kapan itu," ungkap Wakijo.

Sementara itu Welasiman, Lurah Desa Terong pun mengaku sangat senang, lantaran menurutnya akses warga akan lebih gampang, dan perekonomian akan lancar. Lurah Desa Terong juga menjelaskan bahwa dengan berakhirnya program TMMD bukan berarti selesai juga program jalan dan jembatan tersebut. "Nantinya Pemkab akan membantu untuk membuat jembatan menjadi permanen," imbuh Welasiman.

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken