Wow Semua Menjadi Lokasi Wisata Dlingo

Dlingo : Tepatnya pada Bulan Desember Tahun 2012, Gema Angkasa Dlingo melakukan penanaman bibit 1000 pohon bersama GKR. Pembayun dan Artis Vokal Grup Band Captain Jack Momo dengan peserta kegiatan lebih dari 300 peserta. Kegiatan Dilakukan di Blok Trangulasi yang Berada di Dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Bantul. Konsep dasar pelaksanaan kegiatan adalah tetap dalam rangka mengangkat potensi lokal , yang waktu itu masyarkat belum terbuka wacana tentang potensi wisata yang mungkin dikembangkan. Didalam Prosesnya bibit tanaman yang sengaja di tanam adalah berjenis pohon ketapang sebanyak 1000 bibit yang kemudian disebar pada kawasan-kawasan yang mungkin dapat dikembangkan menjadi lokasi wisata panorama.

berikut adalah peta lokasi penanaman bibit 1000 pohon yang kami laksanakan bertema " Gema Angkasa Bhakti wana 2012" :

Pusat kegiatan didalam peta segi empat biru merupakan kawasan Tranggulasi hutan milik dinas Kehutanan Provinsi DIY. dari titik itulah kemudian peserta diarahkan untuk menanam pohon ketapang dengan jalur-jalur antara lain :

1. Trangulasi >Dusun Khoripan>Dusun Dodokan>Slempret (Saat ini bernama SRI PANJUNG)
2. Trangulasi > Sungai Oyo (Kedung Bodeh dan Kedung Seteren)
3. Trangulasi > Pokoh 1 >Pokoh 2
4. Trangulasi > Pokoh 2 > Lapangan Pokoh > SMU Dlingo>Kantor Kecamatan Dlingo
5. Trangulasi > Pokoh 1 > Kali Ledok (Saat ini bernama LEPO)
6. Trangulasi > Seropan > Arah Gua Gajah

Berikut adalah dokumentasi kegiatan Gema Angkasa Bhakti wana 2012 :
Ucapan Selamat Datang GA kepada GKR. Pembayun

Penanaman simbolis GKR. Pembayun

Peserta berasal dari perwakilan seluruh sekolah dari TK sampai SMU/SMK

Tampak Kemeriahan acara oleh para peserta yang antusias

Pengambilan bibit sebelum menuju lokasi penanaman

Vokalis Captain Jack "MOMO" berkesempatan hadir untuk bersama menanam
 adapun Video Kegiatan persiapan penanaman pada tahun 2012 dalam acara adalah sebagai Berikut :



Kemudian pada januari 2016 Gema Angkasa Melakukan pendataan pohon yang di tanam pada 2012 pada lokasi peta penanaman. didapatkan sekita 400 lebih pohon ketapang hidup subur, sementara lainnya mati dan di rusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. berikut adalah dokumen video pendataan pohon tersebut :
video

 Adapun Konsep Rencana awal setelah pelaksanaan Tanam Pohon Tahun 2012 akan kami ulas pada tulisan yang akan datang. Bagaimana aksi-aksi yang apabila sesuai rencana dan maping potensi lokal berikut peruntukan kawasan sudah disusun namun karena ketergesaan berbagai pihak sehingga mimpi-mimpi tersebut belum dapat direalisasikan. namun demikian tentu Gema Angkasa Dlingo turut berbahagia atas inisiasi berbagai pihak yang telah mewujudkan lokasi-lokasi tersebut diatas menjadi sebuah lokasi destinasi wisata, meski dalam perjalannannya sampai saat ini masih sama dan tidak ada pembeda dengan lokasi lainnya yang marak berkembang. salam "ATM" Amati, Tiru, Modifikasi..

0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken